Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Sebagai salah satu komponen yang ada di sekolah, BK memiliki prinsip dan asaz yang dijalankan melalui sebuah layanan BK dengan ruang lingkup sebabagai berikut :
- Layanan Dasar
Layanan dasar merupakan suatu layanan yang diberikan kepada konseli untuk mengoptimalkan potensi yang ada di dalam diri konseli secara sistematis dan sebagai pemenuhan kebutuhan konseli (Siswa) secara nyata dalam mencapai suatu kemandirian. Layanan dasar ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan dirinya untuk mencapai tujuan hidupnya, salah satunya adalah tujuan akademik. Layanan dasar ini dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan tugas- tugas perkembangan.
"Pelayanan untuk seluruh siswa secara klasikal/ kelompok, terjadwal yg menyangkut pribadi, belajar, sosial dan karir bersifat pemberian informasi, pengembangan diri, dan sebagainya. "(Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud; 2014).
- Layanan Responsif
Layanan responsif adalah layanan yang diberikan secara sistematis yang memerlukan reaksi cepat tanggap secara langsung dalam keadaan mendesak. Layanan ini diberikan kepada siswa sebagai konseli yang memiliki masalah dan memerlukan konselor dalam mengatasinya.
"Pelayanan untuk seluruh siswa secara klasikal/ kelompok, terjadwal yg menyangkut pribadi, belajar, sosial dan karir bersifat pemberian informasi, pengembangan diri, dan sebagainya. "(Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud; 2014).
Tujuan layanan responsif adalah untuk membantu siswa dalam memenuhi tuntutan kebutuhan yang dirasakan saat ini dalam mengatasi kegagalan yang dihadapi dan hambatan tugas perkembangannya. Dengan demikian, layanan responsif diberikan kepada semua siswa untuk memenuhi tuntutan pengembangan kemandirian, baik dalam kemandirian emosional, kemandirian perilaku maupun kemandirian nilai.(Aprilia, Imas Diani(2009.)Model Hipotetik Bimbingan dan konseling Kemandirian Remaja Tunarungu di SLB-B.Disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Model Bimbingan Kemandirian Remaja Tunarungu di SLB-B Negeri Cicendo Bandung).
Juntika Nurihsan (2005: 33) dalam Zuraida Lubis (Peningkatan Hasil Belajar MAta Kuliah BK Perkembangan dengan Menggunakan Aplikasi Software ITP dan ATP dalam Layanan Dasar, Layanan Responsif, Layanan Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem) mendefinisikan layanan responsif sebagai layanan bimbingan yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan yang dirasakan sangat penting oleh peserta didik saat ini.
- Layanan Perencanaan Individual
Layanan perencanaan individual adalah layanan yang diberikan untuk memffasilitasi siswa untuk melakukan perencanaan dalam pengembangan dirinya untuk mencapai kemandirian.
Membantu siswa merencanakan masa depan, memahami kelebihan dan kekurangan, dan memahami tentang dunia karir.(Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud; 2014).
JCM Hub to open JCM Casino - JDM Hub
BalasHapusJCM, the online gambling 충주 출장마사지 hub of 순천 출장안마 the Gambling Industries Association, has today announced the launch 서울특별 출장마사지 of 구미 출장안마 its JCM 군포 출장마사지 Casino platform.